Antara TV Kepri - MENGENAL KERAJAAN MELAYU DI BINTAN MELALUI KOSTUM KARNAVAL
JoomlaLock.com All4Share.net

Sang Sapurba, maharaja kerajaan Melayu yang diberi gelar Sri Tri Buana atau raja yang berkuasa di tiga benua ditampilkan dalam bentuk kostum karnaval pada kegiatan Kepri Carnival 21 Oktober 2017.

Kisah Sang Sapurba menurut Evy Ratnawati Syamsir selaku Sekertaris Akari Kepri itu, bermula dari perjalanan sang sapurba mencari ibukota baru, setelah kerajaannya diserang Raja Chola dari India.  saat itu Sang Sapurba meninggalkan pusat pemerintahan lamanya di Pulau Sumatera.

Sang Sapurba pun dinobatkan menjadi Raja di Pulau Bintan kala itu. Dari sinilah Pulau Bintan mulai dikenal masyarakat luas, yang dimana pada zaman dahulu dikenal sebagai pusat Kerajaan Melayu.

Sosok Sang Sapurba di Pulau Bintan itu pun tak terlepas dari peran Wan Sri Beni yang saat itu sebagai tokoh perempuan paling populer. Wan Sri Beni dalam kisahnya merupakan wanita melayu pertama pada masanya yang mampu mandiri dan juga bisa menguasai dunia.

Sementara itu, saat ini Pulau Bintan sebagai pusat Kerajaan Melayu menjadi salah satu pusat pariwisata bertaraf Internasional dan juga pusat Provinsi di Kepulauan Riau  yang berada di Kota Tanjung Pinang. Meski demikian, budaya Melayu yang ada hingga kini tak hilang seiring perkembangan zaman.

Pewarta : Pradanna Putra

 

Share this article

Tinggalkan Komentar

Formulir Komentar

Berlangganan

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…