Antara TV Kepri - Antara TV Kepri - Natuna https://www.antaratvkepri.com Sun, 21 Oct 2018 04:17:26 +0700 Joomla! - Open Source Content Management id-id Nelayan Vietnam Curi Ikan di Natuna https://www.antaratvkepri.com/natuna/376-nelayan-vietnam-curi-ikan-di-natuna https://www.antaratvkepri.com/natuna/376-nelayan-vietnam-curi-ikan-di-natuna Nelayan Vietnam Curi Ikan di Natuna

Dua kapal ikan berbendera Malaysia ini ditangkap patroli Polair Mabes Polri di perairan Natuna Kepulauan Riau yang berbatasan dengan Laut China Selatan pada tanggal 1 Juli 2017 lalu.

Saat diperiksa, nakhoda kapal tidak bisa menunjukkan izin penangkapan ikan di wilayah Indonesia. Sementara itu, dari hasil pemeriksaan sementara, kapal ikan ini berasal dari Vietnam dan dinakhodai warga negara Vietnam, namun menggunakan kapal dengan bendera Malaysia.

Kapolda Kepri Irjenpol Sam Budigusdian mengatakan, kedua kapal pencuri ikan ini selain tidak memiliki izin penangkapan ikan, mereka juga menggunakan jaring trawl atau pukat harimau yang penggunaannya dilarang di Indonesia.

Dari kedua kapal ini, petugas menyita sekitar dua ton ikan hasil tangkapan dan mengamankan 21 abk kapal untuk kepentingan penyidikan, kedua kapal tersebut ditarik ke dermaga Batuampar sebelum nantinya diserahkan kepada PSDKP Batam.

Guna mempertanggunjawabkan perbuatannya di mata hukum Indonesia / kedua nakhoda kapal asal Vietnam ini akan dijerat dengan Pasal 93 Undang Undang nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan.

Pewarta: Danna Tampi

  • nelayan vietnam
  • curi ikan
  • natuna
  • kepri
    ]]>
    admin@antaratvkepri.com (Redaksi) Natuna Wed, 05 Jul 2017 00:00:00 +0700
    Polair Tangkap 8 Kapal Asing di Natuna dan Anambas https://www.antaratvkepri.com/natuna/262-polair-tangkap-8-kapal-asing-di-natuna-dan-anambas https://www.antaratvkepri.com/natuna/262-polair-tangkap-8-kapal-asing-di-natuna-dan-anambas Polair Tangkap 8 Kapal Asing di Natuna dan Anambas

    Kapal patroli Antasena 7006 dan Bisma 8001 menangkap delapan kapal asing yang mencuri ikan di perairan Kabupaten Natuna dan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

    Dari delapan kapal yang diamankan, tujuh di antaranya berasal dari Vietnam, sementara satunya berasal dari Malaysia.

    Dalam penangkapan tersebut, sebanyak 55 ABK termasuk nakhoda turut diamankan.
     
    Kapolda Kepulauan Riau Inspektur Jenderal Sam Budigusdian saat ekspos yang digelar di dermaga utara Pelabuhan Batu Ampar pada Selasa (25/4) mengatakan, penangkapan 8 kapal asing dilakukan dalam kurun 10 hari, hampir 1 ton ikan dari 8 kapal asing itu berhasil diselamatkan.
     
    Ke depannya, Polair Mabes Polri dan Polda Kepri akan mengintensifkan patroli di perairan Natuna dan Anambas guna mengantisipasi maraknya pencurian ikan, mengingat saat ini sedang musim ikan yang memicu banyaknya kapal asing melakukan pelanggaran, sebagaimana yang tertuang pada Pasal 93 ayat 2 jo Pasal 27 ayat Undang-undan No 45 tahun 2009 tentang Perikanan.
     
    Pewarta: Danna Tampi

    • polair
    • polda kepri
    • kapal asing
    • vietnam
    • malaysia
    • natuna
    • anambas
    • pencurian ikan
      ]]>
      admin@antaratvkepri.com (Redaksi) Natuna Thu, 27 Apr 2017 23:34:13 +0700