Antara TV Kepri - PENGACARA PERTANYAKAN SISTEM TELEMARKETING BNI LIFE

Ternyata sistem perekrutan nasabah yang dilakukan perusahaan asuransi BNI Life Insurance di seluruh cabang di Indonesia, hanya dengan modal telemarketing oleh kantor pusat secara acak.

Melalui cabang BNI di seluruh Indonesia. dengan sistim telemarketing, calon nasabah hanya ditelepon oleh  nomor ponsel yang didaftar ketika nasabah membuka rekening tabungan di BNI,  nasabah BNI itu kemudian dihubungi, menawarkan dan meminta persetujuan agar menjadi peserta asuransi BNI Life Insurance .

Setelah pembicaraan melalui telepon dan tercapai kesepakatan, maka nasabah BNI tersebut otomatis menjadi nasabah BNI Life, tanpa melalui prosedur lanjutan berupa penandatanganan surat perjanjian atau surat kuasa pendebitan secara tertulis oleh nasabah yang diikutkan dalam jasa asuransi BNI Life.

Menurut Kepala Cabang BNI 46 Tanjung Balai Karimun Irwansyah, pihak BNI Life Insurance dengan telemarketing melakukan perekaman pada saat pembicaraan telemarketing, dan itu menjadi pengganti kuasa atas dirinya, sehingga pihak BNI Life dapat melakukan pendebitan secara langsung.

Sementara itu , Kuasa Hukum Hamdani, Muhammad Dafis Sarjana Hukum mengatakan, mengenai pemasaran asuransi via telemarketing itu diperbolehkan, namun terkait dengan pendebitan lebih lanjut, harus ada tindak lanjut dengan mendapatkan pernyataan tertulis dari nasabah, serta surat kuasa dari pihak nasabah, sehingga nasabah benar-benar memahami sebuah produk asuransi yang ditawarkan.

Selanjutnya, Dafis Menjelaskan, tindakan BNI Life Insurance yang melakukan pendebetan terhadap rekening milik kliennya telah melanggar ketentuan kerahasian data Bank, oleh BNI cabang Tanjung Balai Karimun, sehingga pihaknya mendaftarkan gugatan atas nama kliennya itu, di Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun tertanggal 21 Agustus 2017,  dan hari ini sudah mendapatkan relas, yang isinya bahwa sidang terhadap BNI Dan BNI Life dijadwalkan mulai digelar pada tanggal 4 September tahun 2017 ini.

Pewarta : Daud Solihin

Share this article

Tinggalkan Komentar

Formulir Komentar

Berlangganan

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…