Antara TV Kepri - Dinkes Karimun Sidak Warung Makan
JoomlaLock.com All4Share.net

Usaha restoran dan rumah makan di Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau tiap tahunnya terus bertambah, sehingga perlu menjadi perhatian tersendiri dari Dinas Kesehatan Karimun untuk melakukan pembinaan.

Salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan adalah dengan turun langsung melihat kondisi beberapa rumah makan maupun warung makan yang berjejer di sepanjang jalan kota di Pulau Karimun besar.

Salah satunya warung bakso Jatim Rasa yang berada di samping Kedai Kopi D'Teras Mami di Jalan Pertambangan Tanjung Balai Karimun, tak luput dari pemantauan Dinas Kesehatan dan petugas puskesmas, Kamis 13 April  2017.

Namun, petugas kesehatan terkejut saat melihat secara dekat kondisi warung bakso tersebut, dimana limbah rumah tangga berupa sampah berserakan di belakang kedai dan menimbulkan aroma tidak sedap.

Menurut Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Karimun Emayanti, syarat sebuah rumah makan yang standar adalah bangunannya harus berjarak tidak kurang 100 meter dari sumber pencemaran, dan tidak berada pada daerah pencemaran.

Lebih jauh Emayanti juga mengomentari tentang saluran air limbah yang ada di belakang  warung tersebut yang tidak memenuhi standar kesehatan.

Dari hasil pantauannya, Emayanti memberikan peringatan agar segera melakukan pembersihan terhadap sampah yang menjadi sumber pencemaran dan tempat bersarangnya ribuan lalat.

Meski pemilik warung bakso arif membantah, namun petugas kesehatan memberikan arahan sehingga arif segera mengakui kelalaiannya.

Pewarta: Daud Solihin

Share this article

Tinggalkan Komentar

Formulir Komentar

Berlangganan

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…