Antara TV Kepri - Diantara Para Pendaftar Terdapat Kolega Bupati
JoomlaLock.com All4Share.net

Setelah berakhir pada 29 November 2018, penjaringan calon Badan Pengawas BUMD Karimun yang di lakukan Panitia Seleksi (Pansel) , menjaring 3 nama untuk sektor PDAM dan 1 orang dinyatakan tidak lulus karena berasal dari unsur  indipenden,  sementara untuk BUP dari 4 orang yang mendaftar 2 orang dinyatakan tidak lulus karena alasan yang sama.

Hal itu disampaikan oleh Kabag Ekonomi Pemerintah Kabupaten Karimun Dedi Sahori saat wawancara melalui jaringan telepon seluler.

Menurut Dedi,  2 orang yang berhasil lolos seleksi administrasi adalah,  Hermawan dan Muhammad Tang, untuk sektor PDAM, kemudian  Afrian dan Sensissiana untuk sektor BUP, sementara pendaftar dari independen tidak di proses, karena sesuai aturan yang di amanahkan berdasrakan PP 54 tahun 2017 dan Permendagri 37 tahun 2018.

Dalam aturan tersebut berbunyi unsur yang dapat menjadi dewan pengawas terdiri dari unsur independen dan unsur lainnya (pejabat pemerintah pusat maupun pejabat daerah) yang tidak bertugas melakukan pelayanan publik selama sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Senada yang di sampaikan Kabag Ekonomi, ketua DPRD Karimun, Yusuf Sirat, juga menanggapi tentang penjaringan calon badan pengawas Bumd Karimun, yang menurutnya sudah sesuai dengan ketentuan, meski ada dugaan dari salah satu calon yang lolos seleksi adminstrasi terdapat kolega Bupati Karimun, namun menurutnya sampai saat ini belum terlihat.

Jika mengacu pada peraturan pemerintah nomor 54 ini,  seharusnya unsur indipenden boleh menjabat sebagai komisaris ataupun pengawas pada Badan Usaha Milik Daerah, namun pihak pansel hanya mengambil kalimat terakhir  yang berbunyi “ dan unsur lain (pejabat pemerintah pusat maupun daerah”,

Meski pansel telah mengeluarkan nama-nama yang lolos seleksi administrasi, namun pihak pansel belum berani melanjutkannya karena terbentur biaya.

Share this article

Tinggalkan Komentar

Formulir Komentar

Berlangganan

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…