Antara TV Kepri - Pesantren Musthafawiyah Ikon Pendidikan Islam Moderen
JoomlaLock.com All4Share.net

Tinggal dalam gubug-gubug berukuran 1,5 meter kali 2 meter, para santri pesantren Muthafawiyah Purba Baru, hidup secara mandiri, dimana masing-masing santri mengurus dirinya sendiri, mulai dari masak, mencuci dan aktifitas lainnya. Namun bagi santri putri, Pesantren menyiapkan asrama khusus, meski untuk urusan pribadi santri tetap dilakukan secara mandiri.

Lebih dari sebelas ribu Santriwan dan Santri wati yang hidup di Pesantren yang sudah berusia 106 tahun ini, kegiatan harian santrinya adalah belajar, dan menghafal Alqur’an.

Ribuan santri ini akan sibuk dengan urusan mereka masing-masing, karena keseharian mereka harus bisa mengurus dirinya, sejak usia 7 atau 8 tahun sampai mereka dinyatakan lulus pada usia tamat SMA dan mengabdi selama 1 tahun.

Selama 7 tahun dalam penjara suci ini, tidak sedikit Alumni Pesantren ini sudah berhasil menjadi tokoh-tokoh Nasioanal, bahkan masyarakat disekitar kompleks pondok Pesantren ini sudah terbiasa dengan budaya pondok yang tertib dalam berbusana menutup aurat.

Menurut salah seorang santri yang telah 6 tahun menuntut ilmu di pondok ini bernama Khofifah Nasution berceritra, bahwa dirinya sudah 6 tahun sekolah ditempat ini, dia berasal dari Aceh Tamiang, selama dirinya berada di pesantren ini, banyak kenangan bersama santri baik dari lokal maupun Internasional.

Di pesantren ini, puluhan ribu santri yang ada, mereka begitu akrab satu dan yang lainnya, karena mereka seolah dipersaudarakan oleh keadaan dilingkungan pesantren tersebut.

Share this article

Tinggalkan Komentar

Formulir Komentar

Berlangganan

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…