Antara TV Kepri - Batasan Bea Masuk barang penumpang menjadi USD 500
JoomlaLock.com All4Share.net

Penerapan batas pembebasan barang bawaan penumpang yang diterbitkan berdasarkan revisi Peraturan Mentri keuangan nomor:188/pmk.10/2010, dengan terbitnya regulasi baru berupa Peraturan Mentri Keuangan.  nomor pmk 203/pmk.04/2017 tanggal 27 desember 2017, sudah mulai diterapkan oleh Bea Cukai wilayah kepri di semua pelabuhan internasional di Kepri.

Batas pembebasan barang bawaan penumpang sesuai PMK nomor 188 adalah USD 250U perkepala dan USD 1000 perkeluarga naik menjadi USD 500 per kepala tanpa keluarga.

Namun Peraturan ini sempat membuat bingung masyarakat, mengenai penerapan standar harga sebagai acuan yang dimiliki oleh Bea Cukai untuk mengetahui, harga pasti barang yang dibawa oleh penumpang saat masuk ke Indonesia.

Mengenai kebingungan masyarakat tersebut, Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Wilayah khusus kepri, rusman hadi menjelaskan, kalau seseorang membeli barang di luar negri tanpa invoice, maka pihaknya memiliki penetapan harga, dan tidak semena-mena.

Meski demikian, penerapan Peraturan Mentri Keuangan ini harus mendapatkan pengawasan dari semua phak, karena sistem penaksiran nilai barang bawaan penumpang tidak semua dapat di nilai dengan uang.

Share this article

Tinggalkan Komentar

Formulir Komentar

Berlangganan

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…